Quote:Simulasi nya ane aja yah gan, biar kaga ada yang Tersungging .
ane Mahasiswa di Universitas ABC, ane nge kost di kota EFG, orangtua ane ngirimin uang setiap bulannya itu Rp. 500.000.
Quote:—–kita ambil paitnya aja yah gan , namanya juga tips dari yang enak biar jadi enak  —-.
Rp. 200.000 untuk bayar kost2an, Rp.300.000 buat Uang jajan.

Quote:nah dari agan2 ini pasti ngomel nih “Gila bener 500rb doank dikasihnya, kaga bisa gw mah idup begitu!!:angry”. sabar oke gan sabaaaarr .
kan 200.000 udah buat kost2an tuh, ane juga mikir gan, 300.000 itu kan Jajan selama sebulan yah, masa iya sih ane 10rb perharinya  . Belom lagi kalo misalkan ane mau ngapelin pacar ya kan gan , jaman sekarang kan kudu yah, namanya laki punya gengsi . belom lagi kalo misalnya ngajakin nonton, makan bareng de el el, masa harus cewe ane yang bayarin yah gan .

Pengennya sih minta lebih ke ortu, tapi ga tega gan (ceritanya yah gan  ), ane otak atik otak ane . . . dalam hati mah berkata ” apa yang harus ane lakuin kira2, kalo ane harus ngencengin ikat pinggang ane ?” . . .

Quote:Ahaaaaaaa!!!! *kek di pilem2 gan, ada lampu2 nya diatas kepala ane . .
ternyata kalo dipikir2 berarti ane kudu nyisihin uang 300rb itu tuh buat kebutuhan sehari2 ane. >.< . . .
tanya2 ke orang2 keuangan + ane juga anak keuangan jadi rada sedikit tau tentang ngatur uang kwowkowkow.
yang ane lakuin adalah “Bagaimana mengatur jumlah pengeluaran dari pemasukan yang seminimal mungkin”

Quote:Quote:TIPS and TRIK nya nih gan:

Spoilerfor TIPS1
Quote:1. membuat Daftar Pengeluaran
ane Bagi pengeluaran tersebut menjadi 2 Bagian gan, Pengeluaran Wajib dan Pengeluaran Tidak Wajib.

 

Spoilerfor TIPS2
Quote:2. ane buat Anggaran Pengeluaran Bulanan.
Contoh :
a.PEMASUKAN =
b.PENGELUARAN WAJIB, terdiri dari:
-Tabungan
-Biaya Kost2an
-Transportasi
-Makan
-Belanja Bulanan
-Buku & Alat Tulis
-Busana
-De el el . .
-Total………(ane batasin gan, ga boleh lebih dari 400rb pokoknya.)
b.PENGELUARAN TIDAK WAJIB, terdiri dari :
-Telepn
-Warnet
-Beli koran (optional gan wkowkwo, ane biasanya koran yg ada di kampus aja)
-rekreasi/pacaran <<eewww . . .
-Total . . . .(gak Boleh dari 100rb ane patoknya wkowkwokw. mampos mamposs) biar maksudnya pas aja sih 
Spoilerfor TIPS3
Quote:3.Gunakan Sistem Amplop(ini ane anggep biar terkontrol aja, tapi kalo uangnya cash yah gan. ).
kasih nama PENGELUARAN WAJIB, 1 biji, dan PENGELUARAN TIDAK WAJIB 1 biji. masing2 1 amplop aja gan, ga usah banyak2 ntar dikira mau pawai kondangan .
Spoilerfor TIPS4
Quote:4.POS kan Masing2
kan ane ceritanya menerima uang kiriman nih gan yah  jadi pas dapet langsung tuh agan masukin yah ke masing2 amplop sesuai nama dan jumlah anggaran nya. Setelah itu Buat lagi nih gan Amplop Pos Pengeluaran. PRIORITASkan yah gan PENGELUARAN WAJIB DULU, Kalo ane Amplop Tabungan dulu gan. biar bisa beli roda sepeda , abis itu bayar kostan  dan yang lainnnya, menurut PRIORITAS agan. . pokok nya beli amplop lagi buat pos pengeluarannya. (pokoknya mah biar kagak kecampur aja sih gan)
Spoilerfor TIPS5
Quote:5. POSkan TabunganUntuk Amplop Tabungan ane mulai dari 10rb s/d 50rb. biar kecil, kalo lama2 jadi gede, namnya juga Tabungan gan, investasi jangka panjang nah kalo udah terbiasa nabung itu enak gan ternyata. Nanti nya bisa jadi Fungsi Tabungan kita buat di Rekening, Salurin deh tabungan Manual kita ke tabungan elektrik di Bank DD biar kaga di gigitin Tikus gan duit nya 
sebenarnya menurut banyak pakar ekonomi,
keuangan yang sehat itu pembagiannya seperti ini:

100%
=
50% pengunaan sehari-hari
30% bayar utang
10% investasi
10% proteksi

jadi misalkan agan dapat uang 500rb,berarti

250rb untuk sehari-hari
150rb untuk bayar utang(kalau ada)
50rb untuk investasi(bisnis kecil2an)
50rb untuk proteksi(asuransi-tapi agak sulit karena tidak ada premi asuransi cuma 50rb/bulan)

soal proporsinya terserah,yang penting penggunaan adalah 50% dari jumlah uang..untuk mendisiplinkan diri,sistem amplop seperti agan bilang sudah tepat

#page one kalau berkenan

Quote:Original Posted By appleipad3gwifi 
klo ane pke sistem kek ts pura dpet dkit duit jajan .
misal ada duit 150 seminggu ane pura* 75rb gan jdi hemat
Quote:Original Posted By k4rman 
kalo gk mau nabung…perbanyak infaq dan sadoqoh gan…!! sama banyaknya duit kita..lebih banyak yg berinfaq malah..!!! buktikan..

Quote:Original Posted By kurunai 
buat juga catatan keuangan gan, ane nyonto emak ane
tiap pengeluaran dicatat tiap harinya, nti tiap bulan direkap
sesekali di cek, kenapa pengeluaran berlebih dan bagian mana yang bocor
klo males nyatat pake buku kas, excell udah canggih tu, bisa langsung keluar kredit ama saldo duit kita  
Quote:Original Posted By zeemey 
klo ane pake teknik lupa ga punya duit.. merasa punya 50k tp sebenernya punya 100k
Quote:Original Posted By fth.owner 
50rb aja ane cukup buat sebulan.
Caranya sih sama kaya ts buat daftar pengeluaran & pemasukan.
Ditambah ga pernah makan diluar makannya dirumah..

Kalo mau jajan paling buat beli pulsa + minum aja buat nongkrong nongkrong

Kalo laper? Ya pulang makan

Quote:Original Posted By sentdol 
perlu di coba gan,ane juga mahasiswa dengan penghasilan pas2n 
ane juga mau nyobain sedekah i gan,soalnya dah banyak bukti klo sedekah bakalan g kekurangan kita
*tapi sedekah yang ikhlas ya gan jangan punya niat tuk dapetin uang kembali lebih banyak soalnya dengan sedekah kita sama aja inves,niatin aja klo mau sedekah biar semua urusan kita lancar

“kita tidak akan pernah kekurangan apa bila kita mau saling memberi”
(trit sebelah)

“jika kita mau bersilaturahmi dan banyak berteman dengan siapa saja kita akan mendapatkan rezeki yang lebih banyak, dan jika kita iklash memberi Allah swt pasti akan memberikan kita sesuatu yang lebih”
(trit sebelah)

page one pliss

Quote:Original Posted By alpieny 
2003 – 2006 uang saku kuliah ane 500 gan…
200 buat kos…
300 buat hdp sebulan…
sama kaya ane gan…
ngirit…
makan pake orek, kadang ketoprak…
kalo ga pny duit, masak mi instant…
rokok beli ketengan…
dalam tanda kutip, penghasilan ane dulu 150-200…
2thn ane kuliah, ane bisa beli hp N-Gage classic gan…
ane jg bggg tu uang drmn…
#ane ga pernah cek tabungan
ada pemasukan, masukin gt aja trus…
pas pngn ngecek, busetttttt udah hampir 2jt…

itu kisah ane gan…
moga2 dpt cendol…

Quote:Original Posted By amaxpo 
klo ane nabung receh di botol aqua gede gan
biasanya 4-5 bulan uda penuh

receh lho
bisa dipake ganjel pintu pula
klo ida panen bisa dapet 400-700k

kagak kerasa
uda dapet banyak

Quote:Original Posted By arjoen4 
“500.000 itu udah gede gan, kalo ente dah ngerasain susahnya orangtua nyari duit buat kalian, baru ntar ente sadar. kalo ente pengen lebih coba deh usaha sendiri dan rasakan susahnya mengumpulkan rupiah demi rupiah.”
ini buat kaskuser yang suka melecehkan pemberian orangtua dan selalu menganggap kurang bila diberi uang oleh orangtua.

Quote:Original Posted By widhi168 
Tips keren gan…yg terbiasa mempraktekkan akan jadi orang sukses. Prakteknya susahnya amit2 gan…tapi kalo sudah terbiasa ya biasa2 aja.

Kalo ane terbiasa ngitung kebutuhan / pengeluaran gan. Dari situ muncul angka kebutuhan yg harus dipenuhi. Angka itu dijadikan target penghasilan tiap bulannya. Secara penghasilan ane tidak tentu besarnya tiap bulan gan, ga ada gaji

Quote:Original Posted By 4X3L4 
sedekah gan! biarpun duit dikit pasti kerasa punya banyak 

tips lagi dari ane. kalo mau makan, cari yg kandungan kalorinya tinggi gan. kenapa? biar kenyangnya lebih lama, dgn begitu jadi gak bolak balik makan lagi. agan juga sebaiknya tau makanan2 apa aja yg kalorinya tinggi atau lama dicerna tubuh (kek sagu misalnya)…. 

Quote:Original Posted By reidza 
kalo ane sih ngedokem aja gan di kamar pas weekend ( berhubung ane jomblo  )

Sabtu: maen game PC, ngas-kus, nonton DVD, ato tidur siang. malemnya nonton siaran bola (kalo ada).
Minggu: olah raga (futsal ato berenang) dari pagi sampe siang jam 12 siang. trus lanjut tidur 

terbukti hemat sampe 800rb – 1 juta perbulan

taro page one kalo berkenan 
Quote:Original Posted By ekima 
woho tips yang mantepp..

cuman smpe skrng gak brani ane gan ngambil uang langsung semua dari atm..malah cpet bobolnya…

jadi ambilnya pas lg butuh aja buat mbayar atau didompet udah gak ada pegangan lg….

dan berhubung ane hobi koleksi diecast ,uang yg skiranya sisa ane blikan diecast lg…. ntar alo udah mepet tinggal ane jual aja…

dan cara itu ane anggep nabung scra gak langsung… hasilnya. uang ane dalam bentuk diecast,,, dan bisa brubah jd uang lg kapanpun ane mau….

Quote:Original Posted By tianovsky 
tips ane ya gan, kalo mau ditaruh di tabungan elektrik a.k.a BANK, cari tabungan yang biaya administrasi bulanannya kecil, kalkulasikan jumlah saldo tabungan agan dengan bunga yang didapat tiap bulan trus dikurangi biaya administrasi bulanannya, uang tabungannya nambah, stagnan atau malah berkurang tiap bulannya karena bunga yg didapat lebih kecil dari biaya administrasinya..

jangan sampe maunya uang kita aman di BANK eeh ga taunya abis diembat sama BANK-nya 

Quote:Original Posted By alkafbonga 
ane juga sempat pernah pake sistem amplop gan
carana uang pemasukan digagi 30hari
misal

uang jajan agan 450rb/blan so 450/30 = 15
masukan 15rb d setiap amplop yg berbeda2 gan sebayak 30
jadi tingal abil aja 1 h 1 amplop
 

Spoilerfor TIPS6
Quote:6. PRIORITASkan.Kalo andaikan ada anggaran wajib yang belom digunain ato kaga abis gan, ane gak maen abisin buat pake PENGELUARAN TIDAK WAJIB gan. ane sisihkan ke Tabungan. biar belajar jadi Investor juga 

 

Spoilerfor TIPS7
Quote:7.ini juga penting gan, PENDAPATAN TAMBAHAN, MAHASISWA pasti banyak kreasinya. Walopun ane cuma dikasih 500rb, ane berusaha menyewakan jasa ane ke oranng2 untuk dilayani (maksud ane, ane ngajarin anak2 SD gan , pripat pripat gitu ). ane Yakin nih agan2 sekalian punya banyak keahlian, salurkan keahlian agan dan jadikan itu penghasilan agan kalo gini kan jadi gak terlalu memberatkan orangtua, dan bisa jajanin si Pacar juga  ya gak gan  ??
Iklan