Bagi para penggila internet ni atau para penggila game di komputer pastinya sudah menghabiskan berjam-jam di depan komputer hanya untuk On-line atau main game (menggambarkan diri sendiri hehehe :-)), kita semua harus ingat ni untuk menjaga kesehatan mata saat bermain komputer agar tidak menyesal di kemudian hari nanti, gag asik kan kalau suatu saat nanti penglihatan kita terganggu gara-gara keseringan main komputer, wah…. penyesalan kita pasti sangat kronis (kayak penyakit aja he3x..). Ni saya akan membagikan beberapa tips untuk melindungi (minimal mengurangi lah) kerusakan mata saat kita bermain komputer atau juga saat kita menonton televisi.

1. Jika komputer anda menggunakan monitor CRT (tabung), refresh rate yang rendah akan membuat mata kita cepat rusak, kenapa ???? anda bisa lihat alasannya di postingan saya yang ini, usahakan menggunakan refresh rate yang tinggi, gunakanlah 75 Hz jika layar monitor anda mendukung.

2. Istirahatkan mara anda setiap minimal 20 menit sekali dengan cara memandang objek yang jauh (4-6 m) selama sekitar 10 – 20 detik.

3. usahakanlah kedipkan mata anda saat bermain komputer, karena kebanyakan saat kita keasyikan On-Line🙂, mata kita selalu terbuka dan tidak pernah mengedipkan mata, dan itu membuat mata kita kering dan cepat rusak.

4. Usahakan jarak antara mata dan monitor sekitar 40 m (hohoho kejauhan kali) cukup 40 cm aja..

5. Gunakan pencahayaan yang tidak terlalu terang, tapi jangan terlalu redup juga (yang sedang-sedang saja lah)

Nah, itu sedikit tips dari saya untuk menjaga mata anda saat bermain komputer atau menonton televisi, semoga bermanfaat.

Ingat, jagalah kesehatan mata anda sebelum terlambat

Sumber : http://irfan-sharker.blogspot.com/2011/04/cara-menjaga-mata-saat-bermain-komputer.html