Akhirnya kata-kata itu terlontar dari bibir Edwin Van Der Sar, penjaga gawang Manchester United. Dirinya mengatakan akan berhenti bermain sepak bola pada Mei mendatang.


Menurutnya, keputusannya untuk pensiun datang secara tiba-tiba. Meskipun isu mengenai hal ini sudah berhembus kencang sejak musim lalu.

Di usianya yang genap 40 tahun pada Oktober silam, rasanya dirinya sudah mulai ’kenyang’ bermain sepak bola. Dan dirinya ingin mengakhiri karirnya, di saat sedang berada di performa yang baik.

Sekarang yang menjadi permasalahan bagi Sir Alex Ferguson adalah, siapakah yang akan menjadi suksesor Van Der Sar musim depan? Bagi Fergie, keputusannya memberikan jersey bernomor punggung 1 adalah keputusan yang cukup sakral. Karena tak sembarangan orang bisa mengisi posisi tersebut, apalagi pasca suksesnya Peter Schmeichel dan Van Der Sar, beban penjaga gawang utama berikut akan semakin berat.

Berikut adalah nama 10 calon kuat pengganti Van Der Sar musim depan, sesuai isu yang berkembang beberapa waktu belakangan. Nama-nama ini konon diminati serius oleh Ferguson, menjadi calon suksesor Van Der Sar kelak.

1.Manuel Neuer – Schalke 04

Penjaga gawang timnas Jerman yang mengelabui wasit sehingga tak mengesahkan gol Frank Lampard pada Piala Dunia silam adalah pilihan utama Ferguson. Dirinya mempunyai kemampuan untuk menghentikan tembakan yang mengarah ke gawangnya. Isu mengenai ketertarikan Ferguson berkembang ketika musim lalu dirinya mengatakan bahwa dirinya tersanjung diminati oleh Manchester United.

2.David de Gea – Atletico Madrid

Salah satu penjaga gawang terbaik di Eropa saat ini, De Gea mempunyai masa depan yang cerah. Meskipun masih berusia 19 tahun, De Gea sudah menjadi pilihan utama di Atletico Madrid. Dirinya gagal tampil di Piala Dunia, karena Spanyol sudah memiliki Iker Casillas, Pepe Reina, dan Victro Valdes pada skuad mereka. Meskipun masih muda, dirinya sudah mempunyai banyak pengalaman.

3.Maarten Stekelenburg – Ajax

Bukankah lebih baik orang yang menggantikan Van Der Sar di United adalah orang yang menggantikan posisi Van Der Sar di timnas Belanda? Stekelenburg menjadi penjaga gawang utama di Ajax, klub yang dulu juga dibela Van Der Sar. Dirinya mempunyai banyak pengalaman kelas internasional, karena tampil sebagai kiper utama Belanda pada Piala Dunia lalu.

4.Igor Akinfeev – CSKA Moscow

Penjaga gawang Rusia tersebut masuk ke dalam skuad CSKA pada usia 17 tahun, dan sampai saat ini masih bertahan di sana. Dirinya telah memenangkan banyak penghargaan di CSKA, termasuk UEFA Cup pada tahun 2004. Dirinya dipercaya menjadi kiper utama Rusia di usianya yang masih 18 tahun, kabarnya diminati United karena CSKA bertandang ke Old Trafford di Liga Champion pada Oktober 2009.

5.Hugo Lloris – Lyon

Dikenal sebagai salah satu penjaga gawang top di Eropa, dirinya menjadi pilihan utama di klub dan negaranya. Pemain berusia 23 tahun ini tak diragukan lagi kemampuannya, dirinya adalah dua kali peraih gelar penjaga gawang terbaik di Ligue 1, bahkan masih mempertahankannya saat ini.

6.Gianluigi Buffon – Juventus

Penjaga gawang timnas Italia ini sudah berusia 32 tahun, namun sudah 15 tahun mempunyai pengalaman menjadi penjaga gawang utama di Italia. Bahkan dirinya sudah tampil lebih dari 100 kali, buat timnas Italia. Banyak sekali memenangkan penghargaan, termasuk trofi Piala Dunia dan empat gelar Serie A (termasuk dua yang terkena skandal Calciopoli).

7.Steve Mandanda – Marseille

Penjaga gawang ini adalah rival Lloris di timnas Perancis, meskipun masih berusia 25 tahun dirinya tampil luar biasa bagi Marseille. Dirinya mungkin sedang menunggu telepon dari Ferguson saat ini, meskipun kemungkinan teleponnya berbunyi sangat kecil.

8. Shay Given – Manchester City

Mungkinkah United melirik penjaga gawang milik rival yang sekaligus tetangganya itu? Mungkin saja, bakat Given tersia-sia musim ini karena Roberto Mancini lebih percaya pada kiper mudanya, Joe Hart.

9.Anders Lindegaard – Manchester United

Dirinya sudah berada di United, penjaga gawang Denmark ini mempunyai prospek yang cerah dan sedang menunggu debutnya di Old Trafford. Dirinya digadang-gadang sebagai the new Schmeichel, kiper Denmark yang sangat sukses di sana.

10.Tomasz Kuszczak – Manchester United

Apakah Fergie akan mempromosikan kiper nomor duanya saat ini menjadi kiper utamanya menggantikan Van Der Sar? Meskipun mempunyai kemampuan untuk itu, namun tampaknya sang pelatih belum  percayasepenuhnya pada dirinya. Dirinya empat tahun sudah berada di sana, namun masih terus berada di bawah bayang-bayang Van Der Sar.