Tokoh kartun Popeye menjadi luar biasa kuat setelah makan bayam. Kini, ilmuwan berhasil mengungkap rahasia ‘senjata’ bayam.

“Kami menemukan bahwa sejumlah nitrat yang terkandung pada dua hingga tiga piring bayam ternyata memiliki kandungan energi, ” ujar pemimpin studi Profesor Eddie Weitzberg dari Karolinska Institute, Stockholm.

Zat nitrat yang melimpah di segala jenis sayuran hijau meningkatkan esensi sel mitokondria, sumber daya aktivitas dan pertumbuhan. Sehingga, terdapat banyak energi. Satu potong bayam memiliki efisiensi mitokondria yang tinggi.

Ilmuwan sempat mengira kandungan zat besi pada bayam yang membuat sayuran tersebut memiliki sumber energi. Temuan ini menegaskan bahwa nitrat bisa menjadi sumber energi pada sayuran.

“Kita memahami, pola makan kaya buah dan sayuran dapat membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes. Namun, nutrisi aktif belum jelas. Kini, nitrat anorganik menjadi penjelasan manfaat itu,” lanjutnya, dalam penelitian yang tercantum di jurnal Cell Metabolism tersebut.

Kandungan nitrat bisa membuka pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Obat kumur dapat mengurangi manfaat nitrat. Sebab, membunuh bakteri dalam mulut yang diperlukan untuk memproses nitrat.