Sepertiga dari seluruh kasus kanker di Amerika Serikat, Cina dan Inggris setiap tahunnya sebenarnya bisa dicegah jika saja masyarakat mau melakukan langkah-langkah dasar pencegahan kanker.

Pencegahan kanker tidak harus berupa sesuatu yang rumit, beberapa keputusan sederhana dalam hidup keseharian Anda cukup efektif untuk menangkis serangan kanker. Namun intinya adalah menjaga agar kita tetap berada di jalur gaya hidup yang sehat.

The American Institute for Cancer Research dan the World Cancer Research Fund menyatakan bahwa kematian akibat kanker bisa dicegah jika kita menjaga berat badan tetap ideal, pola makan sehat dan bervariasi, aktivitas fisik dan berhenti merokok.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kurang berolahraga merupakan faktor risiko kanker payudara dan kanker kolon, 27 persen menyebabkan diabetes dan 30 persen penyebab penyakit jantung di seluruh dunia. WHO juga merekomendasikan olahraga minimal 150 menit setiap minggu atau setara dengan berjalan kaki atau bersepeda 30 menit setiap hari.

“Tidak ada peluru ajaib untuk mencegah kanker tapi kita punya kesempatan dan kewajiban untuk melindungi diri dari kanker sebisa mungkin,” kata Peter Baldini dari Yayasan Paru Sedunia.