Boleh dibilang, penyakit paling menakutkan bagi kaum wanita adalah kanker payudara. Risiko kehilangan payudara, bahkan kematian, sudah terlintas di benak bila mendengar penyakit itu.

Di Indonesia, menurut data dari Yayasan Kanker Indonesia, kanker payudara merupakan kanker kedua terbanyak pada wanita, dan lebih dari 50 persen penderita ditemukan dalam stadium tinggi.

Sebelum penyakit mematikan ini menyerang tubuh, para ahli telah menemukan makanan super yang dapat mencegah kanker payudara, seperti dikutip dari laman Times Of India:

Cukupi asupan sayuran
Cara terbaik mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi berbagai sayuran setiap hari. Nutrisi yang terdapat sayuran akan mudah diserap dalam tubuh jika diolah dengan cara yang benar. Cara mengolah sayuran yang bisa mencegah dan melawan kanker salah satunya dimasak dalam minyak zaitun.

Bayam sangat bermanfaat memerangi penyakit mematikan ini. Sayuran lain seperti brokoli, wortel, bit, tomat dan labu kaya akan karotenoid yang diyakini memiliki sifat anti-kanker.

Tidak semua buah bisa cegah kanker
Batasi buah berkalori tinggi, seperti avokad. Pilih buah yang bagus untuk diet cegah kanker payudara, seperti anggur merah, berry, peach, kismis dan apel. Konsumsi buah yang tepat secara rutin saat sarapan akan membantu Anda efektif menyerap nutrisi yang baik, daripada menumpuk lebih banyak kalori, yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

Konsumsi gandum
Gandum dan makanan olahannya mengandung serat yang membantu mengelola berat badan dan menurunkan tingkat estrogen darah, mengurangi risiko kanker payudara.

Batasi produk susu
Susu, keju dan yogurt perlu dibatasi, karena jenis makanan ini dapat menambah asupan kalori tanpa berkontribusi banyak untuk perlindungan kanker. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Telur juga akan lebih bermanfaat untuk menjadi asupan harian Anda.

Selain konsumsi makanan sehat, tambahkan juga minyak zaitun di makanan Anda. Minyak zaitun ekstra virgin dianggap sebagai pilihan terbaik untuk memasak. Anda bahkan dapat mempertimbangkan menambahkan salad Anda dengan minyak zaitun.