Menurut para ahli, menyikat gigi yang tidak teratur dapat menyebabkan bau mulut, gigi berlubang dan juga penyakit periodontal (penyakit gusi). Untuk hindari hal tersebut, ada baiknya Anda menyimak empat cara tepat menggosok gigi.

1. Ketahui cara menyikat gigi yang benar
Para ahli mengungkapkan bahwa menyikat gigi yang benar membutuhkan waktu minimal dua menit agar hasil yang didapat maksimal. Saat membersihkan gigi ada beberapa langkah-langkah yang harus diikuti, ini dia langkah-langkahnya.

*Bersihkah permukaan gigi bagian luar, diawali dari gigi atas kemudian gigi bawah.
*Bersihkan permukaan gigi bagian dalam.
*Bersihkan gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah seperti gigi graham.
*Lalu sikat permukaan luar dan dalam gigi graham Anda.
*Jangan lupa untuk menyikat lidah dengan sikat khusus lidah untuk mendapatkan nafas yang segar dan mengurangi bakteri mulut.

2. Gunakan sikat gigi yang tepat
Pastikan sikat gigi Anda terbuat dari bahan nilon yang nyaman. Sesuaikan bentuk sikat gigi dengan ukuran mulut. Jika Anda memiliki mulut yang kecil, sebaiknya pilih kepala sikat gigi yang berukuran kecil. Saat akan menyikat gigi, pastikan bahwa sikat gigi Anda basah terlebih dahulu agar tidak melukai gusi akibat bulu yang tajam.

3. Gunakan pasta gigi yang benar
Begitu banyaknya sikat gigi di pasaran yang menawarkan kebutuhan berbeda seperti gigi berlubang, radang gusi, karang gigi, gigi bernoda dan gigi sensitif, membuat Anda bingung memilih pasta gigi mana yang tepat. Tak ada salahnya jika Anda menanyakan pasta gigi yang tepat kepada dokter gigi Anda.

4. Ganti sikat gigi Anda
Jangan tunggu sikat gigi Anda sampai rusak atau sikatnya melebar. Ganti sikat gigi minimal setiap tiga bulan sekali agar tetap higienis.