Perkembangan fungsi mesin ATM (Automated Teller Machines) semakin canggih. Kini, mesin ATM terbaru yang dilengkapi teknologi video conference memungkinkan penggunanya bisa berbicara dengan teller bank dari jarak jauh.

Ya, terkadang kita ingin menanyakan beberapa hal berkaitan dengan layanan bank yang bersangkutan. Nah, mesin ATM ini mencoba memenuhi kebutuhan tersebut, membuat ATM tampak ‘hidup’ dengan kehadiran teller bank.

SelfServ ATM, demikian mesin yang diproduksi perusahaan asal Amerika Serikat, NCR ini, memungkinkan institusi perbankan secara terpusat menempatkan teller di lokasi dari jarak jauh untuk menyediakan akses layanan ke teller selama 24 jam.

Dikutip detikINET dari Gizmag, mesin semacam ini juga disebutkan juru bicara NCR, memungkinkan institusi perbankan seperti membangun cabang kantor baru dan membuat layanan teller tersedia di wilayah yang sebelumnya tidak terjangkau.

“Konsumen tidak selalu bisa mengikuti jam operasional bank. Mereka menginginkan layanan kapanpun di manapun yang nyaman bagi mereka,” kata Michael O’Laughlin, Senior Vice President NCR Financial Services.

SelfServ ATM menggunakan teknologi yang dikembangkan uGenius Technology, sebuah perusahaan teknologi yang berpusat di Utah. Untuk saat ini, SelfServ ATM masih dalam tahap uji coba di beberapa lokasi di AS.